KAPAL PERANG PENJELAJAH SAMUDERA 503 DUKUNG 7 SATUAN TNI AD USAI LATIHAN RAIDER

KAPAL PERANG PENJELAJAH SAMUDERA 503
DUKUNG 7 SATUAN TNI AD USAI LATIHAN RAIDER

Jakarta, 18 Oktober 2020 ——- Satya Wira Jala Dharma. Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) KRI Amboina 503 yang di Komandani Letkol Laut (P) Agus Yunianto singgah di Dermaga Pelabuhan Semarang, Minggu (18/10) untuk embarkasi 7 satuan TNI AD yang selesai latihan pembentukan Yonif Raider di Pusdiklatpassus Kopassus Bandung.

kapal perang yang berada dibawah kendali Satlinlamil 1 Jakarta embarkasi 7 satuan TNI AD, antara lain Brigif 20 Timika, Brigif 18 Malang, Yonif 754/Eme Neme Kangasi Timika, Yonif 755/Yalet Merauke, Yonif Para Raider 431/ Satria Setia Perkasa (SSP) Maros, Yonif Para Raider 432/ Waspada Setia Jaya Maros dan Yonif Para Raider 433/Julu Siri Maros.

590 personel berikut material dan kendaraan truk serta taktis diangkut KRI Amboina 503 untuk kembali ke markas mereka di Maros, Timika dan Merauke. Saat embarkasi personel, para prajurit TNI AD tersebut tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan untuk menghindari meluasnya penyebaran virus covid 19.

Komandan KRI Amboina 503 Letkol Laut (P) Agus Yunianto mengatakan kapalnya telah siap beroperasi. “KRI Amboina 503 siap mendukung pemulangan 7 satuan TNI AD yang selesai latihan pembentukan pasukan Raider.

“Kondisi mesin, sistem sewaco dan seluruh awak KRI dalam kondisi baik dan siap operasi anglamil ke wilayah timur Indonesia”tegasnya.

Selain itu, Komandan KRI Amboina 503 juga menekankan pentingnya protokol kesehatan dalam operasi ini tidak lepas dari kondisi secara nasional yang masih dalam rangka Pencegahan Penanggulangan Pandemi Covid-19 serta merupakan implementasi dari arahan pimpinan TNI AL untuk selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam segala kegiatan operasi.

Mulai masuk ke kapal ini, dengan memakai masker mereka melaksanakan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan oleh petugas Dinas Kesehatan pelabuhan Semarang.

Dari Mako Kolinlamil, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) mengingatkan jajaran KRI dalam melaksanakan tugas operasi dukungan angkutan laut militer untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan seluruh awak KRI dan pasukan yang on board.

“Tugas mendukung pergeseran pasukan dan material merupakan tugas yang tidak mudah, membutuhkan kesiapan seluruh prajurit dan alutsista. Untuk itu utamakan keselamatan dan keamanan selama pelayaran dan jaga fisik dengan berolahraga menyesuaikan situasi untuk antisipasi cegah virus covid. Terapkan protokol kesehatan hingga selesai penugasan” tandas Panglima Kolinlamil.

Sesuai rencana, KRI Amboina 503 akan melewati rute pelayaran setelah Semarang menuju Makassar – Ambon – Timika – Merauke. (Dispen Kolinlamil).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *