SAAT SEA TRIAL, KRI BANDA ACEH 593 DIKUNJUNGI BUPATI KEPULAUAN SERIBU

SAAT SEA TRIAL,
KRI BANDA ACEH 593 DIKUNJUNGI BUPATI KEPULAUAN SERIBU

Jakarta, 19 September 2020 ——- Satya Wira Jala Dharma. Kapal perang berjuluk “Sea Warrior” melakukan uji coba atau sea trial mengarungi perairan Teluk Jakarta hingga menuju Kepulauan Seribu, Jumat (18/9).
Kapal perang hasil karya anak bangsa KRI Banda Aceh 593 berangkat sea trial dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Komandan KRI Banda Aceh 593 Letkol Laut (P) Mochamad Achnaf menjelaskan uji coba atau sea trial kapalnya dalam rangka menyiapkan kondisi teknik dan taktis yang prima guna melaksanakan tugas – tugas operasi angkutan laut militer selanjutnya.
Pada pelaksanaan sea trial tersebut, KRI Banda Aceh melaksanakan pemanasan permesinan, sewaco dan seluruh peralatannya. Selain itu momentum sea trial juga dimanfaatkan untuk melaksanakan latihan peran peran, mulai dari peran operatif, peran administrasi, peran khusus, maupun peran darurat.
Disamping itu, KRI Banda Aceh -593 juga melakukan pemantauan terhadap RIG (Pengeboran minyak lepas pantai) yang berada disekitar utara perairan kepulauan seribu.
Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) mengatakan Kegiatan sea trial bertujuan sebagai uji kesiapan KRI dan bahan evaluasi pemimpin Kolinlamil dalam mengambil kebijakan kegiatan operasional KRI. Sekaligus untuk menentukan siap tidaknya kapal perang tersebut guna mendukung kegiatan tugas-tugas kedepan.
“Jadi Sea trial ini untuk mengukur kesiapan KRI dan personil dalam mengawaki alutsista tersebut,” tandasnya.
Setelah beberapa jam sea trial di perairan Teluk Jakarta hingga mendekati Kepulauan Seribu, KRI Banda Aceh 593 lego disekitar Kepulauan Seribu. Dan pada kesempatan itu pula, mereka dapat bersilaturahmi dengan jajaran pemerintahan kepulauan seribu.
Bupati kepulauan seribu Junaedi S.Sos M.Si beserta jajarannya pun berkesempatan on board di KRI Banda Aceh merasakan ikut berlayar dan menyaksikan latihan penembakan meriam 40 mm dan 20 mm milik KRI Banda Aceh 593.
Bupati sangat mengapresiasi latihan tersebut dan mengharapkan kedepan dapat terjalin hubungan yang lebih baik terkait pembinaan potensi maritim di wilayah kerja pemerintahan kabupaten kepulauan seribu.
“Kami berharap Kolinlamil dengan kapal-kapal perangnya dapat menjadi media untuk melaksanakan pembinaan potensi maritim di wilayah kami, seperti Pramuka saka bahari ataupun kegiatan pemberdayaan potensi yang ada di wilayah Kepulauan Seribu. Kami sangat berharap bisa terlaksana” tutur Bupati.
Kunjungan Bupati Kepulauan Seribu diakhiri dengan penyerahan cindera mata dan makan siang bersama di lounge room KRI Banda Aceh 593. (Dispen Kolinlamil).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *