SAMBUT TIM AUDIT KINERJA ITJENAL, KOLINLAMIL EVALUASI KINERJA TAHUN 2019

SAMBUT TIM AUDIT KINERJA ITJENAL,
KOLINLAMIL EVALUASI KINERJA TAHUN 2019

Jakarta, 29 April 2020 ———— Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menerima Tim audit kinerja Inspektorat Jenderal dan Perbendaharaan TNI AL (Itjenal). Kegiatan terhadap evaluasi kinerja bagi Kolinlamil ini dibuka oleh Irjenal Laksda TNI Suselo dan diterima Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. melalui video teleconference di Gedung Officer Club, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (29/4).

Pelaksanaan kegiatan audit kinerja ini akan berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 29 April – 13 Mei 2020.

Tim audit kinerja Itjenal yang dipimpin Irbin Itjenal Kolonel Laut (P) Aswoto Saranang sebagai Pengendali, didampingi ketua tim Kolonel Laut (T) Toto Dwijaya Saputra, sekretaris tim Letkol Laut (E) Bambang Sugiarto dan perwira pemeriksa (Parik) lainnya.

Pangkolinlamil dalam sambutannya mengatakan Pelaksanaan audit kinerja tentu membawa dampak yang besar dalam meningkatkan produktifitas, efektifitas, dan efisiensi dalam pelaksanaan pembinaan guna tercapainya tugas organisasi di Kolinlamil. Hal ini menjadi sangat penting sebagai implementasi kebijakan pemerintah dalam bidang reformasi birokrasi guna terwujudnya tata kelola organisasi yang baik dan pemerintahan yang bersih (Good Governance dan Clean Government).

Pelaksanaan audit yang tepat akan dapat mendeteksi dan mencegah terjadinya penyimpangan serta penurunan kinerja organisasi secara dini, guna menjamin kesesuaian perencanaan program dengan dinamika pelaksanaannya di lapangan.

Selain itu momentum ini juga untuk menjalin komunikasi yang efektif sehingga dapat meningkatkan kemitraan antara Kolinlamil sebagai obyek dan tim audit sebagai supervisi kegiatan. Dengan demikian jalinan kemitraan dapat meningkatkan hubungan yang harmonis secara timbal balik dan pada akhirnya akan terwujud komunikasi yang lebih transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Bagi tiap-tiap bagian atau satker yang menjadi obyek audit Itjenal kali ini, agar menyiapkan sebaik-baiknya dan memberikan masukan secara jujur, terbuka serta transparan, sehingga tim audit mendapatkan data yang akurat dan selanjutnya sasaran pelaksanaan audit kinerja Itjenal dapat tercapai,” jelasnya.

Sementara itu, Irjenal dalam Taklimat Awalnya antara lain mengatakan bahwa penyelenggaraan audit kinerja di Kolinlamil adalah untuk menilai efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan program kerja dan anggaran yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan di Kolinlamil guna memberikan keyakinan memadai, sehingga tugas pokok Kolinlamil dapat tercapai sesuai prinsip ketertiban, kepatuhan, efektif, efisien dan ekonomis (2K3E).

Irjenal juga menambahkan bahwa audit kinerja Itjenal tidak ditujukan untuk mencari kesalahan atau penyimpangan tetapi untuk memberikan saran dan masukan sebagai dasar perbaikan dan penyempurnaan sehingga diharapkan dapat mencapai hasil dan tujuan yang optimal.

Pada kesempatan itu, Tim audit Itjenal menerima paparan mengenai gambaran secara umum tentang evaluasi pelaksanaan program kerja Kolinlamil selama periode 2019 oleh Asrena Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Rakhmawanto. Paparan ini dimaksudkan untuk mempermudah tim Itjenal dalam melakukan pendalaman pada masing-masing obyek audit yang akan diperiksa. (Dispen Kolinlamil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *