HORMATI JASA PAHLAWAN, KOLINLAMIL GELAR UPACARA HARI PAHLAWAN 2019

HORMATI JASA PAHLAWAN, KOLINLAMIL GELAR UPACARA HARI PAHLAWAN 2019

Jakarta, 10 November 2019 ———– Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 dipimpin oleh Inspektur Upacara Inspektur Kolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Si (Han), di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/11). Sedangkan bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Laut (P) Mulyono yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Staf Operasi (Pasops) Satlinlamil Jakarta.

Upacara yang dikuti oleh Prajurit dan PNS Kolinlamil ini dalam rangka mengenang dan menghormati jasa para pahlawan, para pendahulu yang telah gugur berkorban jiwa raga melawan penjajah untuk sebuah tujuan kemerdekaan Indonesia.

Upacara yang sama juga secara serentak dilaksanakan di tempat lain di seluruh wilayah NKRI diantaranya taman makam pahlawan, di laut dengan menggunakan kapal perang dan di kantor-kantor instansi militer dan pemerintah.

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dalam amanatnya pada peringatan hari pahlawan tanggal 10 November 2019 yang dibacakan Irup bahwa, setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis Kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia.

“Mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di Bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” katanya.

“Bung Karno pernah menegaskan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati Jasa Pahlawannya, Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan dan Perintis Kemerdekaan tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Indonesia,” jelas Mensos RI dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Kolinlamil.

Selain itu peringatan Hari Pahlawan juga untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sesuai tema peringatan hari pahlawan masa kini.

Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Selain itu, pada upacara tersebut dibacakan sejumlah pesan-pesan dari para pahlawan nasional indonesia seakan-akan untuk membakar semangat dari para generasi penerus perjuangan para pahlawan. Diantaranya pesan dari pahlawan Nasional Jenderal Sudirman:

“Tempat saya yang terbaik adalah di tengah-tengah anak buah, saya akan meneruskan perjuangan. Met Of Zonder pemerintah TNI akan berjuang terus“.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakt, membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain” ujar Irkolinlamil menyampaikan amanat Menteri Sosial.

Sementara itu di Satlinlamil Surabaya juga digelar upacara peringatan Hari Pahlawan 2019 dengan inspektur upacara Wakil Komandan Satlinlamil Suarabaya Letkol Laut (P) Yulis Andreas, M.Tr.Hanla dan diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Satlinlamil Surabaya.  (Dispen Kolinlamil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *